Kisah Angkatan 1985

Share Post:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Hohihohaha Teknik Paling Jaya!
Dateng di kampus bawa buku tebel-tebel
Dandanan nyentrik bergaye model professor
Ngaku di rume berangkat pegi kulieh
Sampe di kampus nyasarnya ke kantin juge
Cari temen ngobrol sambil ngupi die paling doyan
Nyetanin temen ngajakin bolos kulieh
Kelar kulieh die juge ikut pulang
Belaga pilon kopinye lupe dibayar
Deket ujian die sibuk potokopi
Nyari catetan colek sana colek sini
Waktu ujian houding nye kayak nyang ngarti
Ude dua jam kertasnya belon diisi…….
(diambil dari lagu Gaya Mahasiswa, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, dibawakan oleh Rozali, 1979).
Kebayang bener jadi mahasiswa itu ya seperti yang dilagukan oleh Rozali. Pertama kali mendengar lagu ini di waktu SMP, lalu kebawa menyanyikan semasa di SMA; baik waktu sedang ngumpul rame-rame temen lagi gitaran atau kemping, dan acara lain. Jadi waktu diterima menjadi mahasiswa UI jurusan Metalurgi saat itu (bulan Mei 1985 kalau tidak salah), benar-benar yang ada di benak ya jadi mahasiswa ya bergaya seperti itu, hahahaha…..
Ternyata masuk perguruan tinggi tidak sesederhana seperti lagi di atas. Terbayang waktu itu di bulan Juni 1985, adalah saat pendaftaran ulang mahasiswa baru Universitas Indonesia. Prosedur yang harus dijalani adalah membawa kuitansi pembayaran ke Bank BNI, lalu mendaftar ulang di kampus UI Salemba dan tes kesehatan… wuaah, dada membuncah sewaktu melangkah masuk ke halaman kampus UI Salemba, hanya saat itu belum kesampaian melihat ke kampus Fakultas Teknik, karena pendaftaran mahasiswa baru diadakan di sekitar jurusan FMIPA dan Ekonomi. Urusan kesehatan, jaket kuning, lainnya selesai dan dapatlah jadwal untuk Penataran Pemahaman dan Pendalaman Pancasila (atau kerennya P4) selama 100 jam…. oooh, ini kuliah awal yang hukumnya adalah HARUS diikuti oleh setiap mahasiswa baru saat itu…. kalau mau tahu alasannya, karena saat itu adalah masa-masa ditegakkannya NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan
Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan, setelah era pergolakan gerakan mahasiswa yang terakhir pada tahun 1983…. Kita semua mahasiswa baru disebar menjadi kelompok2 peserta P4 di seluruh kampus UI… jadi memang ada kesempatan juga berkenalan dengan para mahasiswa jurusan lain di UI. Yang paling terkenang dari P4? Apalagi kalau bukan saat makan siang… hahahaha… kesempatan perbaikan gizi untuk para mahasiswa, atas kebaikan ibu dekan di masing-masing kampus.
Sayang sekali, seluruh mahasiswa baru Angkatan 1985 di Universitas Indonesia, walaupun dinyatakan lulus penataran P4 tapi tidak mendapat sertifikat kelulusan. Karena sertifikat itu harusnya ditandatangani oleh Bapak Nugroho Notosusanto (Rektor UI saat itu, sekaligus Menteri Pendidikan RI) tapi beliau meninggal dunia di pertengahan 1985, dan digantikan oleh pejabat sementara pak Prof. Sujudi. Katanya sih, sertifikat yang sudah tercetak atas nama Bapak alm. Nugroho tidak sempat digantikan….
Kampus Fakultas Teknik UI Salemba… waah, melihatnya antara rasa kagum dan sedih. Kagum karena berada di tengah salah satu perguruan ternama di Indonesia… sedih karena kok kaya gini amat ya gedungnya, berantakan dan agak kumuh… hahahaha… untuk membayangkan, kalau jaman itu Anda masuk dari jalan Salemba Raya ke Fakultas Teknik, akan melewati jalan kecil yang merupakan jalan keluar dari kompleks UI Salemba (sampai sekarang masih ada) di samping pasar Kenari Jaya. Sebelah kanan Anda akan menjumpai sederetan warung andalan mahasiswa (dan sebagian besar ikut pindah ke Kantin Teknik UI Depok kabarnya), dari soto babat, ketoprak dan roti bakar… lalu setelah gedung Lemtek UI kita akan menemui pertama gedung kuliah jurusan Arsitektur (terkenal dengan gedung A), lalu Kantin Teknik; kalau lagi awal bulan banyak duit rame nih disini. Nasi gorengnya legendaris; dan tempat rutin kalau lagi ada BKST (Bengkel Kreasi Seni Teknik – acara musik tahunan anak Teknik UI), baru sampailah di gedung kuliah campuran beberapa jurusan (terkenal dengan nama Gedung B). Untuk anak-anak Metalurgi, gedung B ini tempat kuliah utama di lantai 3 dan juga beberapa laboratorium ada disini, seperti Laboratorium Kimia dan Laboratorium Uji Tarik. Kalau yang ingat nama mesinnya adalah Tarrno buatan Jerman, hingga dinamakan Herr Tarrno. Mesin legendaris ini sekarang ada di Laboratorium FTUI Departemen Teknik Material dan Metalurgi di Depok dan merupakan mesin uji yang terakhir meninggalkan kampus Salemba sewaktu pindahan ke Depok karena beratnya yang minta ampun.
Menyusur ke belakang, melewati kelokan yang dulu dinamakan Bengkel, kembali ada kumpulan jajanan mahasiswa. Yang legendaris di sana itu mie yaminnya. Ke belakang lagi adalah kumpulan gedung kuliah jurusan Mesin, termasuk laboratorium pengecoran milik Metalurgi dan mesin bubut. Terkenal dengan nama Gedung C dan Gedung D. Gedung D adalah tempat kuliah yang paling baru saat itu dan paling di belakang. Pada saat mabim (masa bimbingan), gedung ini tempat favorit para senior mengumpulkan para mahasiswa baru karena memang sepi dan gelap… suasananya sendu kalau sudah sore karen pohonnya cukup rindang di sana. Anak-anak metalurgi angkatan 85 pasti ingat gedung ini karena salah satu mata kuliah yang legendaris dan juga dosennya yang legendaris, yaitu kuliah Bahan Bakar dilakukan disini….
Kuliah bersama di tahun pertama merupakan hal yang menyenangkan… apalagi karena memang semuanya bareng-bareng, jadi kalau lagi ngobrol di bagian belakang ya nggak ketahuan hahaha.. Saat itu Angkatan 85 Metal UI mendapat kehormatan menjadi angkatan pertama di Jurusan Metalurgi yang nyaris menerima 100 orang. Setelah angkatan-angkatan sebelumnya di bilangan di bawah 40-50. Kalau tidak salah ingat, kami saat itu berjumlah 90an orang, dan setelah tahun kedua karena ada yang berpindah jurusan, keluar dan sebagainya, jumlahnya menyusut hingga 85-88 orang. Kalau tidak salah, jumlah mahasiswa Metal 85 saat itu merupakan terbesar yang pernah diterima. Hingga 14-15 orang. Setelah kuliah ngapain? Jelas saat itu jalan-jalan dan menjelajah kampus Salemba merupakan kegiatan favorit. Tempat paling favorit untuk nongkrong di kampus
Salemba adalah Taman Fak. MIPA yang dirindangi pohon beringin. Apalagi saat itu ada mata kuliah wajib Praktikum Fisika yang dekat situ… jadinya ini tempat favorit untuk nongkrong, main kartu truf dan juga berinteraksi dengan mahasiswa jurusan lain, sebut saja fakultas kedokteran, fakultas MIPA, dan fakultas ekonomi. Terlepas dari beberapa insiden, misalnya bentrok antara fakultas ekonomi dan fakultas teknik saat itu… pertemanan antarjurusan ini yang menyebabkan kenangan atas kampus Salemba tidak bisa terlupakan. Apalagi beramai-ramai saat itu menyusuri lorong-lorong di fakultas kedokteran menuju halte bis di depan RSCM, ah rasanya pengen balik lagi ke masa itu. Ohya, salah satu kantin yang cukup enak saat itu adalah kantin FKUI di dekat RSCM (katanya sih deket kamar mayat kalau saya bilang sih enggak tuh)… karena soto dagingnya enak banget buat saya. Apa karena dari kamar sebelah ya? Hiiii……
Saat itu awal-awal masa kuliah bertepatan dengan peringatan 40 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dan juga ada Pameran Produksi Indonesia (PPI) sekaligus Jakarta Fair di Monas. Beberapa kali kita pulang kuliah naik bis yang ke arah Gambir dan nonton pameran disana. Nikmatnya saat itu jarak ke beberapa tempat sangat dekat. Mau cari buku murah untuk mahasiswa? Tinggal lari ke pasar buku bekas (dan baru juga ada) di pasar Senen atau samping Gunung Agung di Kwitang Raya… buku favorit mahasiswa teknik itu keluaran Schaumm Series cetakan India yang pake kertas koran… isinya yang penting sih bukan kertasnya…. Mau perlu alat tulis dan lain-lain, tinggal lari ke Gunung Agung (saat itu lebih populer dari Gramedia)… mau nginep di kampus? Ada kasur di sekretariat Ikatan Mahasiswa Metalurgi (IMMET) di lantai 2 dekat tangga… hahaha…
Selain kegiatan kuliah, praktikum, dan lainnya, yang paling seru dari angkatan 1985 saat itu adalah ikut Lomba Paduan Suara (Mokal Group). Apa ya nama acara utamanya? Tapi yang seru karena kita latihan nyanyi di rumah keluarganya Rita Juwita di jalan Salemba Tengah… lumayan lah saat itu dapat juara berapa ya? Kalau gak salah Juara 1 ya? Hahahaha
Ekskursi Angkatan 85 Metal saat itu merupakan salah satu kenangan yang juga gak terlupakan. Diadakan bulan Januari 1987 saat itu ekskursi kami bepergian ke beberapa pabrik pengolahan logam di Surabaya. Bayangkan saat itu kita memesan satu gerbong kereta Senja Utama Jakarta-Surabaya untuk pergi kesana dan heboh sekali suasana dalam perjalanan dan selama di Surabaya. Kita ke Surabaya pergi ke Semen Gresik, PT PAL, PT Golden Anchor dan PT Boma Bisma Indra. Termasuk rekreasi dan nonton bersama di Tunjungan Plaza dan jalan-jalan ke Wendit, Malang.. sungguh suatu perjalanan yang sangat terkenang-kenang. Kalau tidak salah dosen pembimbing yang ikut saat itu Ibu Rini Riastuti dan Pak Johnny.
Kami angkatan 85 Metal UI merasa beruntung bisa merasakan dua kampus UI untuk waktu yang hampir relatif sama panjang, karena rata-rata kami menghabiskan waktu 2-3 tahun baik di Salemba dan Depok. Kenangan di Salemba juga termasuk bagaimana di akhir tahun 1987 kami juga harus mengantar salah satu sahabat seangkatan, Deni yang meninggal karena sakit. Almarhum Deni juga merupakan Ketua Angkatan Metal 85.
Ah, kenangan Salemba dengan taman dan lorong-lorongnya yang tetap berbekas dalam kalbu ini harus segera berganti sewaktu kami pindah ke kampus baru Universitas Indonesia di Depok. Tidak mudah mengubah kebiasaan dengan pertemanan yang guyub dan serba dekat di kampus Salemba dengan kampus yang mahabesar di Depok. Salemba, buat angkatan kami merupakan bagian dari kenangan manis, mulainya ikatan pertemanan dan persahabatan, dan juga kenangan mengejar ilmu dan dikejar tugas yang harus diselesaikan.
Kenangan Salemba ini merupakan hadiah untuk 30 tahun usia Alumni Jurusan Metalurgi FTUI angkatan 1985 dan juga hadiah untuk 50 tahun Departemen Teknik Metalurgi dan Material (d/h Jurusan Metalurgi) FTUI….
Di Salemba kami pernah diajarkan lagu Mars Teknik… ini yang membuat semangat kami selalu bergelora…
Kami Mahasiswa Teknik UI
Semangat Gembira Jiwa Kami
Belajar dan Berkarya
Menuju Satu Cita
Maju kita Maju..
Hidup Teknik UI
Hidup Teknik UI
Fakultas Teknik Yang ku cintai (2x)
Tekniiiiik…!!!
Hohihohaha Teknik Paling Jaya
Untuk Jurusan Metalurgi FTUI
Dan teman-temanku se angkatan Metal 85…
Selamat ulang tahun
Arya Sanjaya NIM: 048504702B Email: arya.sanjaya@gmail.com

Informasi Lainnya

Kisah Angkatan1978

Mahasiswa baru di angkatan 78 sekitar 24 orang, kami mengikuti perploncoan seperti angkatan lalu, saat itu bergabung dengan angkatan 77 gelombang

Selengkapnya >

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *